Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

Jumat, 13 Februari 2015

, , ,

GND Handjob , salah satu tips untuk fotogarfi landscape

Share
GND  atau Gradual Neutral Density adalah salah satu dari filter-filter yang harus dimiliki oleh seorang fotografer landscape untuk mendapatkan foto dengan dinamic range yang bagus , fungsinya untuk mengurangi cahaya yang masuk ke dalam sensor kamera  ,sehingga apa yang di tangkap sensor kamera bisa mendekati apa yang di tangkap oleh mata manusia, jadi sebelum edit di komputer pun hasil dari kamera sudah bagus ,
saat post pro ya cuma beberapa langkah sudah didapat foto yang keren  , tapi di sini saya tidak akan membahas tentang pengertian lebih lanjut dari filter GND.


Di sini saya hanya akan membagikan sedikit tips untuk mengakali supaya bisa mendapatkan foto dengan dinamic range yang bagus ketika belum mempunyai filter GND  yaitu dengan tehnik Handjob tapi bukan handjob yang eehh itu. Saya mendapatkan tehnik ini ketika saya baca-baca tentang filter GND satu tahun yang lalu di forum fotogarfer.net kemudian ada salah satu member yang  mengarahkan ke blognya mas Fian yang beralamat di sini  , tapi yang saya tulis di sini berdasar pengalaman saya setelah mendapat pencerahan dari blognya mas Fian dan kemudian saya aplikasikan.


Seperti apa yang tertulis di blognya mas Fian , tehnik ini yaitu menggunakan slow speed kemudian menggerakan telapak tangan di depan lensa secara naik turun setinggi setengah lensa atau sebanyak cahaya over yang masuk ke lensa (biasanya cukup bagian langitnya saja ) dan harus dengan perasaan supaya mendapatkan dinamic range yang diinginkan.


Pengalaman saya , tehnik ini gagal untuk speed 1/15 ke atas karena semakin cepat speednya semakin cepat juga tangan di naik turunkan  dan semakin capek pastinya , efektif diaplikasikan di speed antara 1”-30” . Cobalah untuk sedikit mengovereksposure pada inidikator Ev (biasanya saya +0.3--+1) supaya mendapatkan foreground yang agak terang ketika menggunakan filter GND termasuk GND Handjob ini tapi itu juga tergantung ingin seperti apa hasil fotonya , kepekatan filter dan kekuatan cahayanya.


berikut sedikit dari hasil Handjob saya dan selamat mencoba , keep trial & error:

Nikond300 , Tokina11-16 (iso100 | f20 | ss1/5 )
Lokasi di Paranggombong , Purwakarta




Nikond300 , Tokina 11-16 (iso100 | f16 | ss6" )
Lokasi Waduk Jatiluhur , Purwakarta




Nikond300 , Tokina11-16 (iso200 | f2.8 | ss30" )
Lokasi Perkebunan Teh Ciater , Subang




Nikond3oo , Tokina11-16 (iso200 | f8 | ss1/15 )
Lokasi Paranggombong , Purwakarta
gagal handjob




Nikond300 , Tokina11-16 (iso100 | f20 | ss6" )
Lokasi Sukatani , Purwakarta




Nikond300 , Tokina11-16 ( iso125 | f8 | ss15" )
Lokasi Paranggombong Purwakarta




Nikond300 , Tokina 11-16 (iso100 | f13 | ss3" )
bro Andes , Lokasi Pelabuhan Biru , Jatiluhur




Canon550d , Tokina11-16 (iso100 | f22 | ss8" )
Lokasi Perkebunan Teh Ciater , Subang




Nikond300 , Tokina11-16 ( iso320 | f6.3 | ss5" )
Lokasi Pelabuhan Biru , Jatiluhur


0 komentar:

Posting Komentar